Berdamai dengan Diri Sendiri

      Sebelum aku ke inti ceritaku, aku ingin kalian berkenalan dengan si tuan hipertiroidisme, menurut kamu apa itu hipertiroidisme? Bagaimana bila ketika kamu berumur 15 tahun didiagnosa hipertiroidisme? Baiklah sudah banyak pertanyaan yang aku jabarkan. Hipertiroidisme sendiri adalah produksi hormon tiroksin yang terlalu banyak, hal tersebut dapat meningkatkan metabolisme, namanya juga hiper (berlebihan) tiroid (kelenjar kupu-kupu diarea leher), apa sih hormon tiroksin itu? Fungsi utama hormon tiroksin ialah mengatur metabolisme didalam tubuh. Gejala hipertiroidisme ialah bengkak dileher seperti menelan bakso, jantung berdebar-debar, lambat proses berfikir, keringat dingin, tremor ditangan, emosi menjadi kurang baik (cepat marah, sering gugup, overthinking, dll), berat badan turun mau makan sebanyak apapun. Komplikasi yang akan dialami si pasien dengan hipertirodisme yang pastinya penyakit jantung, eksoftalmus (mata menonjol keluar), dan thyroid storm  (krisis tiroid).


Bahagia dengan caraku

      Semoga dosenku tidak menangis melihat gambarku. Penyakit hipertiroidisme rata-rata diumur 20-40 tahun keatas. Perasaanku saat itu sedih dan marah terhadap diriku, hanya bermain sepeda saja jantungku seakan meledak keluar, rambutku mulai menipis, lalu teman-temanku mulai menjulukiku "Ondel-ondel" "Si nenek" "Ceking" "Tepos" "Boncel". Tidak hanya itu, proses berfikirku jadi melambat, bisa dibuktikan uts fisikaku dapat nilai 0 lalu teman-teman menjulukiku "Kuncen" (si ahli remedial). Aku memutuskan untuk menjadi perawat agar bisa mempelajari penyakitku, merawat orangtua ketika lansia, dan bertemu pasien yang bernasib sepertiku. Aku mengikuti SNMPTN dan gagal, ikut SBMPTN gagal, ikut ujian tulispun gagal, aku mendaftar ke salah satu kampus swasta. Yang terbesit dihatiku, aku takut gagal dan keberuntungan tidak selalu berpihak padaku. Aku ingat saat itu selain menyalahkan diriku sendiri, aku juga menyalahkan Allah. Sangat kurang ajar sekali diriku.

     Ternyata semua yang kualami ada makna tersembunyi, kampus swasta tidak buruk juga, disana aku bertemu dengan teman-teman yang luar biasa menerimaku apa adanya, pengalaman di RS yang menyenangkan, dosen-dosen yang hebat, serta kakak-kakak tenaga kesehatan yang keren. Tapi bukan berarti rasa overthinking ku tidak pernah muncul, semua bisa aku atasi karena sudah menemukan kebahagiaanku sendiri. Semua pengalaman buruk serta penyakit bakso yang hinggap dileherku berubah menjadi salah satu sumber bahagiaku. Karena kalau tidak ada dua poin tersebut, aku tidak bisa mencapai titik ini. Bahagia dengan caraku sendiri adalah habiskan masa gagal dimasa muda, dan masalalu tidak bisa diubah tetapi kita bisa mengubah masa depan. Aku mulai bertemu dengan Satu Persen sekitar tahun 2019, dan ini sih yang aku butuhin dari dulu. Aku bersyukur banget nagih nonton videonya. Pertama kali aku tonton tentang Quarter life crisis. Baiklah ini beberapa tips bahagia dengan caraku dan aku kombinasi dengan Satu Persen

      Beberapa Tips Bahagia Dengan Caraku

1. Terima masa lalu dan Maafkan dirimu

      Memang berbicara saja gampang, mau dengerin ceramah dan motivasi seribu kalipun kalau kamu tidak menerima masa lalu dan memaafkan kekurangan diri kamu, percuma saja. Caranya adalah coba kamu ambil selembar kertas, pejamkan mata kamu, lalu lakukan relaksasi nafas dalam yaitu menarik nafas dan membuang secara perlahan lakukan itu sampai kamu nyaman, lalu tulis sampah masa lalu yang membuat kamu berat melangkah kedepan, setelah selesai menulis lalu kamu boleh meremas kertasnya, kamu rauk-rauk sekalian lalu buang ke tong sampah, dan sekarang coba liat cermin, didepan kamu adalah orang hebat dan kuat yang selama ini nemenin kamu yaitu diri kamu sendiri. lalu ucapkan "aku memaafkanmu, semua orang bisa melakukan kesalahan". itu lega banget, seneng sendiri.

Bahagia dengan caraku


2. Mencari Makna Hidup

      Konten ini pernah dibahas Satu Persen. Mencari makna hidup caranya ialah temukan sesuatu tujuan yang berarti dan yang kamu yakini yaitu hal apa yang membuat kamu termotivasi, lingkungan yang seperti apa yang membantu kamu untuk mencapai tujuan tersebut. Berhenti kebanyakan mikir takut gagal, sudahku bilang masa muda itu masa menghabiskan jatah gagal, coba deh kamu ngobrol sama orang yang punya passion yang sama dengan kamu. Kalau bingung, untuk lebih lengkapnya kamu bisa cek dan pahami dengan baik di Satu Persen IKIGAI .

Bahagia dengan caraku
Bahagia dengan caraku
Bahagia dengan caraku sendiri


3. Makan Menu Seimbang dan Olahraga Teratur

      Menu seimbang itu bukan berarti harus ada susu atau buahnya harus apel. Pasti banyak yang protes "tapikan saya anak kos, untuk makan aja kadang cuma telor sama nasi kalau diakhir bulan". Kamu bisa modifikasi dengan buah yang lagi musim, biasanya buah yang lagi musim itu murah contohnya lagi musim pisang, yaudah beli pisang satu sisir biasanya 10k sampai 14k, irit-irit sehari makan satu. Modifikasi aja tidak harus monoton, tidak lupa minum air putih 2L/hari, dan olahraga yang cukup yah sesuai dengan batas maksimum tubuh. Karena aku hipertiroidisme tidak bisa olahraga yang ekstrem jadi setiap 5 menit sehari selalu latihan yoga. Dari hal tersebut kamu bisa mendapatkan BAB yang berkualitas yaitu BAB sehari sekali tanpa mengejan. sangat menyenangkan bila BAB setiap pagi tanpa ada komplikasi.

4. Meditasi

       Meditasi juga bikin aku bahagia karena mempunyai banyak manfaat selain memudahkan aku untuk fokus pada pelajaran, menghilangkan pemikiran negatif, dll. Kalian juga bisa modifikasi sekalian yoga atau kalau ingin hanya relaksasi nafas dalam silahkan. Caranya kalian bisa cek di Satu Persen Apa itu mindfulness.

5. Berfikir Positif

       Dari dulu aku adalah orang yang overthinking, bahkan aku bisa wasted my time sampai 3 minggu menyalahkan diri, walaupun sekarang masih overthinking tapi bisa dikontrol dan ada pemecahan jalan keluarnya. Yang paling penting kalau mau berfikir positif, bila overthinking kamu kumat, kamu bisa tulis overthingking kamu, entah itu di note hp, buku, atau kertas yang lain. jadi sewaktu kamu kumat, kamu bisa baca yang kamu tulis hal yang sama atau tidak. kalau mau pelajari lebih detail, kamu bisa belajar lewat Satu Persen juga di Mengatasi Overthinking.

6. Mengatasi Rasa Kesepian

      Pernah tidak kamu merasa kosong, sepi, gabisa tidur, sedih tapi bingung kenapa. Rasanya tuh kaya gaada masalah apa-apa tapi kenapa kaya ngerasa kosong aja, bahkan ditengah keramaian pun kamu merasa sepi. Ternyata ada sesuatu masalah yang kamu pendam sendiri atau dua hari yang lalu ada masalah dikantor atau dikampus atau ditempat kerja tapi kamu gak cerita. Padahal manusia adalah makhluk sosial, Kamu wajar kok ngeluh, curhat, nangis bahkan gapapa. Kamu wajar untuk merasakan itu semua jangan dipendam, salah satu sumber kebahagiaanku ialah ketika aku berkeluh kesah kepada sahabatku ketika lagi banyak masalah, rasanya itu plong banget. Kamu bisa mempelajari di Satu Persen Mengatasi Kesepian.

7.Lakukan Hobby

      Pernah tidak sih ngerasa kalau hidup kamu itu monoton? Senin sampai jumat hidup kamu itu dikampus atau dikantor, sabtu dan minggu nya tidur atau nongkrong, gitu terus berulang. Coba deh pikirkan apa sih hobby kamu? Entah itu baca novel, main musik, gambar, main dengan binatang, jadi volunteer, dll. Rata-rata kalau ditanya hobby nya apa pasti bingung karena jarang dilakukan atau tidak pernah dilakukan. Aku biasanya menyisakan waktu 60 menit untuk melakukan hobby dihari minggu, dan kalau weekday aku akan menyisihkan waktu 10 menit untuk bermain dengan kucingku, walaupun klise itupun termasuk hobby bukan? Hahaha. Karena aku tidak mau jadwalku monoton, kamu bisa menyisipkan hobby mu diantara jadwal weekday mu

      
Bahagia dengan caraku sendiri


Terimakasi sudah baca .....

Komentar

Postingan Populer